Demo di Wamena Rusuh, Sejumlah Bangunan Dirusak dan Dibakar

Demo di Wamena Rusuh, Sejumlah Bangunan Dirusak dan Dibakar

Kerusuhan di Wamena Papua hari ini. Demo di Wamena Rusuh, Sejumlah Bangunan Dirusak dan Dibakar.

Kerusuhan dilaporkan pecah di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (23/9/2019). Sejumlah bangunan di kota itu dilaporkan dibakar dan dirusak massa. .
.
Aksi perusakan dan pembakaran itu bermula dari aksi demo yang digelar oleh sekelompok massa di Wamena.

Meski demikian belum ada keterangan resmi dari pihak berwajib, baik pemerintah daerah, kepolisian maupun TNI. .
.
Sementara itu dikutip dari Antara, akibat aksi demo berujung kerusuhan itu, Bandara Wamena terpaksa ditutup hingga batas waktu tak ditentukan. .
.
Tak hanya di Wamena, di Kota Jayapura situasi juga dilaporkan memanas. Sebagian Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kota Jayapura, Papua, memulangkan siswa lebih awal pada Senin pagi karena ada demonstrasi mahasiswa. .
.
'Pulang lebih cepat karena adanya aksi demo,' kata Agustina, seorang guru Sekolah Dasar di Distrik Abepura, Kota Jayapura. Menurut dia, sekolah memutuskan memulangkan pelajar lebih awal demi alasan keamanan.

Dilansit dream.co.id Kericuhan di Wamena Papua Dipicu Pendirian Posko?

Kepolisian Daerah Papua melaporkan kerusuhan di Wamena, Papua terjadi karena pendirian posko di halaman Universitas Cendrawasih (Uncen), Abepura, Jayapura, Papua.

Pihak kampus, kata polisi, tidak mengizinkan pendirian posko tersebut.

'Jadi mereka ini adalah mahasiswa luar Papua yang tanpa izin dari Uncen mau mendirikan posko mahasiswa dan itu tidak dibenarkan,' kata Kapolda Papua, Irjen Pol Rudolf A Rodja, Senin, 23 September 2019.

Rudolf mengatakan, akibat tidak adanya kesepakatan antara mahasiswa dan kampus, aparat kepolisian turun tangan untuk membubarkan mereka.

Dia menuturkan, pembubaran tersebut dilakukan agar perkuliahan di Uncen tetap berjalan.

'Jadi, kita bubarkan mereka supaya tidak jadi posko dan perkuliahan di Uncen tidak macet. Nah, kami melakukan pendekatan negosiasi supaya persoalan ini tidak jadi keuntungan bagi mereka,' ucap dia.

Rudolf mengatakan, pembubaran juga dilakukan karena hari ini sedang berlangsung sidang Umum PBB hari pertama. 'Sehingga kami berusaha untuk bernegosiasi untuk pulangkan mereka,' kata dia.

Negosiasi dengan kelompok mahasiswa bisa berjalan lancar dan tidak terjadi aksi kekerasan.

'Rekan-rekan wartawan bisa lihat, bahwa mereka bubar atau pulang dengan aman dan tidak ada satupun kaca yang pecah di auditorium Uncen,' ucap dia.

Mantan Kapolda Papua Barat itu mengatakan jumlah mahasiswa eksodus itu sekitar 600 orang.

" Lumayan jumlahnya, ada 20 mobil (truk) yang angkut dikalikan 30 orang. Mereka kita kembalikan ke Expo Wamena, karena titik kumpul mereka di sana," ujar dia.

Situasi terkini di Kampus Uncen Abepura dan sekitarnya lengang pascapendudukan mahasiswa eksodus.

(Sah, Sumber: Merdeka.com/Dedi Rahmadi)

you want to Watch Movies Online or check other TV Shows online visit layarstar*com
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact here.

0 Response to "Demo di Wamena Rusuh, Sejumlah Bangunan Dirusak dan Dibakar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel