Hasil Hybrid antara Harimau dan Singa ini disebut Liger, Kucing Terbesar di DUNIA

Hasil Hybrid antara Harimau dan Singa ini disebut Liger,karena kedua orang tuanya merupakan 2 spesies kucing besar. Pada umumnya kucing besar terbesar di alam liar berada pada spesies Harimau amur atau Siberia.

Liger merupakan singkatan dari dari nama lion dan tiger, atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Simau (singkatan dari singa dan harimau). Hewan ini merupakan hasil perkawinan antara singa jantan dan harimau betina. Sedangkan tigon merupakan hasil persilangan antara harimau jantan dan singa betina.

Melansir dari sains.me, secara umum perkawinan silang ini sering terjadi secara alami, namun di alam liar keberadaan kedua spesies hibrida ini mulai punah. Oleh karena itu, saat ini mulai banyak penangkaran satwa liar di dunia mulai mengembangbiakkan spesies ini.

Liger dan tigon memiliki karakteristik yang hampir sama dengan menurunkan sifat kedua induknya. Misalnya kebiasaan liger yang suka berenang seperti harimau, dan juga memiliki tubuh bintik-bintik seperti singa. Berat liger bisa mencapai 400 kilogram dengan ukuran dua kali ukuran induknya.

Berbeda dari liger, tigon lebih cenderung mengalami dwarfism (kekerdilan) sehingga memiliki badan berukuran kecil. Hal ini dikarenakan tigon selalu mewarisi gen penghambat pertumbuhan dari induk singa betina sehingga berat tigon hanya sekitar 200 kilogram.

Perkawinan harimau dan singa saat ini lebih banyak direkayasa oleh manusia, oleh karena itu liger dan tigon yang ada saat ini lebih banyak terlahir tidak secara alami dan cenderung tumbuh tidak normal atau memiliki penyakit sehingga umur mereka lebih pendek.
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact here.

0 Response to "Hasil Hybrid antara Harimau dan Singa ini disebut Liger, Kucing Terbesar di DUNIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...