Inilah 13 Manfaat Sukun, Bisa Obati Ginjal, Menu Diet Pengganti Nasi Serta Bikin Awet Muda!


Sukun adalah nama sejenis pohon yang berbuah. Buahnya tidak berbiji dan memiliki bagian yang empuk mirip roti setelah dimasak atau digoreng. Orang-orang Eropa mengenalnya sebagai “buah roti.”

Berikut beberapa manfaat daun dan buah sukun

1. Obat Ginjal
Daun sukun dipercaya untuk mengobati ginjal karena mengandung saponin, polifenol, asam hidrosianat, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol. Kalium membuat batu ginjal berupa Ca-oksalat tercerai-berai. Endapan batu ginjal akhirnya larut keluar bersama urine.

Meski belum terbukti secara ilmiah, penggunaan daun sukun untuk penderita penyakit ginjal menunjukkan indikator perbaikan kondisi. Perbaikan kondisi tersebut berupa hilangnya pembengkakan dan berkurangnya kandungan protein dalam urine.
Bahkan, kandungan protein dalam urine pada beberapa orang testimoni pengguna teh daun sukun menunjukkan nilai yang negatif.

2. Mengobati Asam Urat
Daun Sukun juga dapat mengatasi asam urat. Caranya, campurkan segenggam daun sukun yang telah dikeringkan dengan gula batu atau madu. Lalu seduh dengan air mendidih.

3. Mengobati Sakit Jantung
Kemudian, daun sukun juga dapat mengatasi sakit jantung. Hal tersebut didasari penelitian Pusat Penelitian Kimia LIPI bersama dengan pakar peneliti lainnya. Ternyata diketahui bahwa ekstrak daun sukun (artocarpus altilis) mengandung flavonoid dan sitosterol yang berkhasiat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol
Jika anda memiliki kadar kolesterol tinggi, daun sukun juga dapat digunakan untuk menurunkannya. Caranya, segengggam daun sukun yang telah dikeringkan dan bangle diseduh dengan air panas, lakukan hal sama seperti ketika anda sedang membuat teh dan ramuan tersebut dapat diminum setiap hari.

5. Mencegah Inflamasi dan Peradangan
Daun sukun juga bermanfaat untuk mencegah peradangan dan inflamasi. Caranya, cuci bersih 1 lembar daun sukun yang sudah tua, lalu rebus daun sukun dengan menggunakan 5 gelas air.

Setelah air mendidih dan juga air rebusan tersebut tersisa menjadi separuhnya, kemudian tambahkan kembali air, saring air daun sukun tersebut dan siap untuk diminum langsung, minum lah dengan rutin.

6. Kaya Kandungan Serat
Bagi para pengidap diabetes buah sukun sangat bemanfaat karena kandungan seratnya yang dapat mengurangi penyerapan gula oleh tubuh. Menurut penelitian menunjukan bahwa bila kita mengkonsumsi buah sukun secara rutin dapat mengurangi resiko diabetes dan kadar gula dalam darah dapat terkontrol.

7. Kenyang Lebih Lama
Buah sukun sering dijadikan makanan pengganti nasi pada saat seseorang menjalani diet karena buah ini tanpa meningkatkan asupan kalori dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama. Sehingga seseorang merasa aktif dan energik saat mengonsumsinya.

8. Sumber Omega 6 dan Omega 3
Menurut para ahli bahwa memakan buah sukun dapat membantu anak yang sedang tumbuh dalam perkembangan dan membantu pertumbuhan otak besar mereka karena kandungan asam lemak omega 3 di dalam buah sukun.
Ditambah lagi adanya sepasang asam lemak esensial ini juga baik untuk kesehatan jantung.

9. Mengatasi Susah Buang Air Besar
Kadar serat yang tinggi pada buah sukun dapat berperan dalam melancarkan buang air besar dengan cara rutin mengkonsumsi nya. Selain itu juga dapat mengeluarkan racun dari usus.

10. Diet Sehat
Untuk orang yang menderita obesitas, buah sukun merupakan pilihan yang tepat. Mempunyai jumlah serat yang tinggi dan lebih sedikit kalori sangat ideal untuk dimasukan ke dalam daftar menu diet anda.

11. Menjaga Kecantikan Kulit
adanya kandungan omega 3 dan omega 6 dalam buah sukun sangat bagus untuk kecantikan kulit. Selain itu buah sukun juga kaya dengan kandungan vitamin C yang juga bagus untuk kesehatan kulit.

12. Sumber Antioksidan
Mengonsumsi buah sukun secara teratur akan membuat kulit sehat baik luar maupun dalam. Menurut penelitian terbaru ditemukan antioksidan dalam buah sukun yang baik untuk mencegah terjadinya infeksi kulit. Dengan memakan buah sukun secara wajar seseorang akan mendapatkan kulit yang halus dan bersinar.

13. Menjaga Kesehatan Rambut
adanya kandungan asam lemak omega 6 pada buah sukun sangat bermanfaat bagi kesehatan folikel rambut. Hasil yang didapatkan rambut tidak mudah rontok, sehat dan menguatkan akar rambut serta mencegah kebotakan. Bahkan, mampu mengusir timbulnya ketombe.

Tentang Sukun
Sukun sesungguhnya adalah kultivar yang terseleksi sehingga tak berbiji. Kata “sukun” dalam bahasa Jawa berarti “tanpa biji” dan dipakai untuk kultivar tanpa biji pada jenis buah lainnya, seperti jambu klutuk dan durian.

“Moyangnya” yang berbiji (dan karenanya dianggap setengah liar) dikenal sebagai timbul, kulur (bahasa Sunda), atau kluwih (bahasa Jawa), kulu (bahasa aceh), kalawi (Minang).
Di daerah Pasifik, kulur dan sukun menjadi sumber karbohidrat penting. Di sana dikenal dengan berbagai nama, seperti kuru, ulu, atau uru. Nama ilmiahnya adalah artocarpus altilis.

Sumber : inspirative.co.id
you want to Watch Movies Online or check other TV Shows online visit layarstar*com
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact here.

0 Response to "Inilah 13 Manfaat Sukun, Bisa Obati Ginjal, Menu Diet Pengganti Nasi Serta Bikin Awet Muda!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...