Mudik dari Jakarta, Fakta Pasien Sembuh Corona Akhirnya Meninggal Dunia, Hanya Bertahan 12 Jam


Kabar gembira dari Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur seketika berubah menjadi duka karena pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh dari corona meninggal dunia, Jumat (17/4/2020). Pasien berusia 41 tahun itu hanya bertahan 12 jam setelah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

Mudik dari Jakarta dan sesak napas
Pasien berinisial R adalah kasus pertama yang ditangani di Bangkalan. Dia memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta dan diduga tertular virus corona di ibu kota. R kemudian mudik ke Bangkalan. Sempat dirawat di UGD Puskesmas Blega, R ditujuk ke RSUD Syamrabu Bangkalan karena memiliki gejala sesak napas. Setelah dilakukan rapid test, ternyata hasilnya reaktif sehingga harus diambil sampel swab tenggorokannya. Selama hasil swab belum keluar, R menjalani karantina di rumah. Namun setelah diketahui hasilnya positif Covid-19, R lalu diisolasi di rumah sakit.

Dinyatakan sembuh
Jumat (17/4/2020) pukul 11.00 WIB, R sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Ketua Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Bangkalan, Agus Zein mengumumkan pasien positif Covid-19 tersebut dinyatakan sembuh dan boleh pulang. Hasil tes swab dirinya dipastikan negatif Covid-19 oleh Balitbangkes di Jakarta. Salinan surat keterangan sembuh pun telah dipegang oleh pasien dan sudah dibawa pulang. Bahkan pihak keluarga, tenaga medis hingga gugus tugas telah memberikan motivasi sebelum R pulang.

Meninggal dunia
Pukul 23.00 WIB atau berselang 12 jam dari pernyataan kesembuhannya, kabar yang tadinya bahagia berubah menjadi duka karena R meninggal dunia. Dia memang diketahui memiliki penyakit lain seperti jantung, asma dan kelainan darah. Tim medis sempat menyarankan agar R rutin memeriksakan diri ke dokter spesialis. Terkait dengan prosesi pemakaman jenazah, tim gugus tugas tidak melakukan prosedur seperti pasien Covid-19. "Pasien tersebut sudah sembuh, jadi tidak perlu pemakaman layaknya jenazah Covid-19," ungkap Agus Zein.



Sumber Artikel : kompas.com
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact here.

0 Response to "Mudik dari Jakarta, Fakta Pasien Sembuh Corona Akhirnya Meninggal Dunia, Hanya Bertahan 12 Jam "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...