Olly Siti Soekini Pertama Kali Mengibarkan Bendera Merah Putih di Cirebon

Wanita Ini yang Pertama Kali Mengibarkan Bendera Merah Putih di Cirebon. Seorang wanita pemberani bernama Olly Siti Soekini atau juga dikenal Olly Sastra kelahiran 12 Januari 1925, pernah melakukan aksi heroik dengan mengibarkan bendera Merah Putih pada tanggal 18 Agustus 1945 di Cirebon, satu hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Saat itu Olly merupakan Ketua Umum Angkatan Moeda Tjirebon yang tergolong dekat dengan Presiden RI Ir. Sukarno. Ia merupakan wanita pertama yang mengibarkan bendera Merah Putih di Cirebon.

img:google
Berita Proklamasi Kemerdekaan baru sampai terdengar oleh Olly pada tanggal 18 Agustus 1945. Sore hari sekitar pukul 16:00 WIB, ia dan rekan-rekannya segera menuju ke Gedung Djawa Hookookai di Jalan Pekalipan Nomor 106, Kota Cirebon. Sesampainya di halaman gedung Olly menurunkan bendera Jepang "Hinomaru", dengan semangat ia mengibarkan bendera Merah Putih. Aksinya mendapat perlawanan dari tentara Jepang, bernama Tanaka.

Pria tersebut segera menurunkan bendera Merah Putih dan berusaha membakarnya, seraya meyakinkan Olly dan rekan-rekannya bahwa Indonesia belum merdeka.

Olly membantah bahwa Indonesia sudah merdeka, tapi Tanaka menyanggah dan menambahkan bahwa kemerdekaan itu pemberian dari Jepang. Olly tidak perduli dengan kata-kata Tanaka, ia segera berusaha menyelamatkan bendera yang hampir terbakar dan mendapatkan perlawanan fisik dari Tanaka. Ketua Barisan Pelopor, RM Ronggo segera melerai mereka.

img:google
Olly berhasil menyelamatkan bendera hasil jahitannya sendiri yang terbuat dari kain Satin ukuran 160x120 cm. Pengibaran bendera itu menandai penegasan dan bukti Indonesia telah merdeka, terutama bagi masyarakat Cirebon saat itu.

Sampai saat ini bendera bersejarah tersebut masih tersimpan baik oleh Ratna Esti Handayani (60), putri dari Olly Sastra sendiri. Akibat termakan usia, bendera itu sekarang dalam keadaan rapuh dengan warna tak secerah dulu.

Sobekan dan lubang-lubang hangus bekas terbakar pun menjadi bukti dari aksi seorang wanita pemberani yang sampai akhir hayatnya menolak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. Olly Siti Soekini sendiri sudah berpulang pada tanggal 16 Oktober 1994 dalam usia 69 tahun.

Sumber : Facebook/albumsejarah dan google
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact here.

0 Response to "Olly Siti Soekini Pertama Kali Mengibarkan Bendera Merah Putih di Cirebon"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...