Waspada, 2 Gempa Getarkan Pangandaran, Ada 5 Gempa dalam 20 Jam


Dua gempa berkekuatan 5 Magnitudo menggetarkan wilayah Indonesia dua hari ini, Jumat dan Sabtu 1-2 Mei 2020. Keduanya di Mamberamo Tengah, Papua, dan Sinabang, Aceh.

Gempa berkekuatan 5,0 Magnitudo terjadi, Sabtu, pukul 00.10 WIB, berpusat pada 325 kilometer Barat Sinabang, Aceh. Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga menyebutkan gempa berlokasi di 1,92 Lintang Utara 93,49 Bujur Timur, dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa dilaporkan tidak berpotensi tsunami. Belum ada informasi mengenai dampak gempa, kerusakan dan korban jiwa dari peristiwa ini.

Sebelumnya, pada Jumat pukul 04.23 WIB, gempa bermagnitudo 5,0 juga mengguncang wilayah Mamberamo Tengah, Papua. BMKG merekam gempa itu berpusat di darat, 49 km tenggara Mamberamo Tengah, dengan kedalaman 54 kilometer.

Sementara itu, lokasi pusat gempa berada pada 2,45 Lintang Selatan dan 138,76 Bujur Timur. Gempa ini juga diketahui tidak berpotensi tsunami.

Di antara dua kejadian berselang sekitar 20 jam itu, sejumlah energi gempa juga dilepaskan karena aktivitas tektonik. Dua di antaranya terjadi di Pangandaran, Jawa Barat, bersumber di laut.

Yang pertama terjadi pada pukul 17.43 WIB, berkekuatan 4,6 Magnitudo. Gempa ini berpusat di kedalaman 38 kilometer, 70 kilometer barat daya Pangandaran. Getarannya bisa dirasakan di wilayah setempat juga Garut hingga intensitas III Skala MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk sedang melintas.

Yang kedua tercatat oleh BMKG pada pukul 20.09 WIB, kekuatannya 3,9 Magnitudo. Pusat gempa ini 68 kilometer barat daya Pangandaran dengankedalaman 35 kilometer. Gempa yang kedua ini dirasakan pada skala II MMI.

Selain itu, tak berselang lama dari gempa di Pangandaran, gempa lebih kuat yakni 5,2 Magnitudo juga mengguncang dari laut, 66 kilometer timur laut Melonguane, Sulawesi Utara. Berada dekat Pulau Mindanao, Filipina, gempa pada pukul 20.48 WIB ini terpantau tidak berpotensi tsunami.




Sumber Artikel : tempo.co
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact here.

0 Response to " Waspada, 2 Gempa Getarkan Pangandaran, Ada 5 Gempa dalam 20 Jam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...