Makanan dan Minuman Yang Jadi Kegemaran Makhluk Halus


Jarang diketahui, ada beberapa makanan hingga minuman yang ternyata disukai jin hingga makhluk halus. Biasanya makanan-makanan ini jadi menu wajib sesajen.

Sudah menjadi tradisi yang melekat di beberapa negara Asia, sesajen atau sesaji, merupakan bentuk persembahan atau sajian yang disuguhkan dalam upacara adat atau ritual tertentu. Sesajen ini dipercaya sebagai gerbang atau alat berkomunikasi dengan jin atau mahluk gaib.

Menu yang ada dalam sesajen ini cukup beragam, sesuai tradisi atau kepercayaan yang ada di daerah tersebut. Tapi biasanya sesajen merupakan kombinasi antara bunga, dedaunan, buah-buahan, makanan, hingga minuman seperti kopi hitam.

Pilihan makanan dan minuman ini dipercaya jadi makanan favorit makhluk tak kasat mata. Tak hanya di Indonesia saja, diThailand hingga Singapura pun masih menggunakan sesajen untuk pintu mereka berkomunikasi ke alam lain.

Dilansir dari beberapa sumber berikut lima makanan dan minuman yang disukai oleh makhluk halus.

1. Ayam Cemani

Tampilannya yang hitam dan sangar, membuat ayam cemani seringkali dikaitkan dengan hal-hal mistis. Memang ayam dengan julukan 'The Black Java Breed' ini, identik sebagai ayam sesajen yang sering digunakan dalam upacara dan ritual tertentu.

Menurut kepercayaan banyak orang di Indonesia, ayam cemani memang jadi menu favorit para jin dan makhluk halus. Ayam ini dipercaya jadi penangkal sihir.

Selain itu mitosnya ayam ini bisa membantu seseorang untuk meraih kesaktiannya, sampai membawa keberuntungan. Tapi kini popularitas ayam cemani yang mendunia, membuat ayam ini lebih identik sebagai salah satu ayam termahal di dunia yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah per ekor.

2. Kopi Hitam

Sudah menjadi menu wajib untuk menyandingkan buah-buahan, makanan, bunga hingga sajen lainnya dengan kopi hitam pekat.

Minuman kopi hitam ini dipercaya dapat menarik makhluk tak kasat mata hingga jin untuk berinteraksi. Memang sejak dulu kopi hitam sudah menjadi minuman yang dinikmati para leluhur.

Ditambah dengan keyakinan masyarakat di beberapa daerah di Indonesia. Kopi hitam disuguhkan untuk para arwah leluhur yang pulang untuk mengunjungi keluarganya yang masih hidup. Jadi sudah bukan hal yang asing lagi bahwa hampir di setiap piring sesajen terdapat kopi hitam di sana.

3. Pisang

Buah pisang yang jadi favorit banyak orang ini juga sering dijadikan sesajen. Menurut leluhur, pisang merupakan buah yang sangat dihormati, terlebih bagi umat hindu. Itu karena buah pisang memiliki keistimewaan tersendiri.

Keistimewaan itu ada pada pohonnya yang katanya tidak akan mati sebelum menghasilkan buah. Dalam hal ini, pisang dikaitkan sebagai simbol kemakmuran. Biasanya buah pisang yang dipilih adalah jenis pisang mas.

Tak hanya bagi umat Hindu, pisang juga sering digunakan pada upacara mengayun bayi yang jadi tradisi masyarakat sunda di Dayeuhluhur. Selain itu pisang juga jadi menu sesajen wajib saat perayaan Hungry Ghost Festival di Singapura.

4. Beras

Beras memiliki fungsi yang sangat penting bagi orang Indonesia, yang sudah terbiasa menyantap nasi setiap harinya. Beras ini diibaratkan sebagai sumber kehidupan, yang sakral bagi sebagian orang sehingga sering digunakan sebagai sesajen untuk upacara adat.

Beras yang digunakan juga tak bisa sembarangan. Kebanyakan orang menaruh beras hasil panen mereka sendiri untuk disajikan sebagai menu sajen.

Sementara itu bagi banyak orang, beras ini merupakan lambang kemakmuran dan kesuburan. Di mana beras ini sudah dijadikan nilai hidup bagi masyarakat yang mempercayainya.

5. Minuman Manis dan Jeruk

Jika di Indonesia, kebanyakan sesajen disajikan dengan kopi hitam. Lain halnya dengan Thailand dan Singapura. Kedua negara ini memiliki menu sesajen yang sedikit berbeda, meski dari segi makanannya sama yaitu ada makanan, buah-buahan, bunga hingga dupa.

Di Thailand contohnya, hampir setiap sesajen yang ada di bawah pohon hingga patung-patung selalu dipenuhi dengan botol minuman Fanta rasa strawberry. Karena banyak dari masyarakat sana yang percaya, bahwa hampir setiap arwah atau makhluk tak kasat mata yang berkomunikasi dengan mereka selalu meminta minuman Fanta ini.

Lalu di Singapura, setiap tahunnya merayakan festival Hungry Ghost. Festival ini merupakan hari raya bagi pemeluk agama Taois dan Budha. Mereka percaya bahwa di hari ke-15 pada masa Ghost Month, atau setiap bulan ke-7 di kalender Lunar. Para leluhur dan keluarga yang sudah tiada akan datang ke bumi.




Sumber Info : food.detik.com


Please Wait 120 second...
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact here.

0 Response to "Makanan dan Minuman Yang Jadi Kegemaran Makhluk Halus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...